.:: RUMAH MENTOR

Beranda » Mentoring Bisnis » Memilih Mentor Bisnis Terbaik Untuk Kesuksesan Usaha Anda

Memilih Mentor Bisnis Terbaik Untuk Kesuksesan Usaha Anda

Kategori

Arsip

Mentor Bisnis sangat diperlukan dewasa ini, terutama bagi kita yang baru saja memulai bisnis/usaha. Memiliki mentor adalah salah satu upaya kita selaku pengusaha untuk menjamin bahwa usaha kita dapat berjalan sukses. Namun, tentu kita harus pandai dalam memilih mentor bisnis, karena semakin bagus mentor kita, tentu semakin besar peluang kesukesan kita.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana memilih mentor bisnis terbaik yang dapat menjamin kesuksesan usaha anda? Artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

Mentoring Bisnis – Bukan hanya Soal “Mentor”nya

Secara harfiah , mentoring adalah kegiatan pembelajaran yang mencakup beberapa aktifitas mengajar, mendidik, melatih, membina dengan metode yang bersifat personal untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bedanya mentoring dan seminar/training adalah pada faktor kedekatan secara personal.

Jika dikaitkan dengan aspek bisnis, maka mentoring bisnis tujuannya adalah untuk melatih keterampilan berbisnis bagi pengusaha atau calon pengusaha agar bisa mencapai kesuksesan di usahanya masing masing.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih mentor bisnis, yaitu:

1. Mentor

Mentor yang memberikan pendampingan haruslah seorang praktisi bisnis yang telah berpengalaman. Karena ini adalah proses bisnis, otomatis mentor tersebut juga harus memiliki bisnis yang telah terbukti atau dianggap berhasil. Apa kata dunia jika kita belajar pada Mentor bisnis yang tidak memiliki bisnis.hehe…

Selain itu, sang mentor juga harus mampu menjalin komunikasi personal dengan baik. Dalam artian ia memiliki kecakapan mentoring yang bagus. Ia mampu mentransfer ilmu dan pengalaman yang ia jalani secara baik dan sistematis. Ini akan membuat peserta mentoring cepat memahami materi yang disampaikan.

2. Metode Mentoring Bisnis

Sebuah mentoring yang berhasil, pasti didukung oleh metode yang bagus dan terbukti berhasil. Secara umum, ada lima metode yang merupakan syarat keberhasilan, yaitu training, coaching, advising, therapy dan leveraging. Kombinasi teknik dan metode tersebut dapat memperbesar peluang kesuksesan program mentoring yang kita ikuti.

3. Kurikulum/Materi

Materi juga adalah hal utama. Ilmu yang diberikan oleh mentor jangan hanya berdasarkan pengalaman saja, tetapi harus berlandaskan ilmu pengetahuan, riset dan kombinasi pengalaman di lapangan. Semuanya di padukan dalam sebuah kurikulum yang sistematis. Semakin baik kurikulumnya, semakin besar peluang keberhasilan kita.

4. Frekuensi dan Waktu Pertemuan

Jumlah dan Durasi tatap muka dalam mentoring juga menentukan faktor kesuksesan program ini. Mentoring tentu bukan training instensif 3 sampai 5 hari berturut turutu. Melainkan diatur dalam freukensi tertentu yang dapat menjamin terserapnya materi oleh peserta. Selain itu juga memberikan waktu bagi peserta untuk mencoba materi yang diberikan.

5. Komunitas

Komunitas bisnis diperlukan untuk menjaga motivasi, kerjasama, supplier dan buyer, serta memperkaya ilmu yang didapatkan karena keragaman bisnis di dalam suatu komunitas. Mentoring bisnis tanpa komunitas ibarat sayur tanpa garam. Ngga lengkap.

Selain hal hal diatas, mentoring bisnis juga bisa dikategorikan dalam level level tertentu, sesuai dengan status bisnis dari peserta. Misal, baru memulai, sudah mengembangkan, atau tahap menggandakan bisnis. Semua ini penting dilakukan agar mentoring bisnis yang dijalankan dapat mencapai hasil yang diinginkan, yaitu kesuksesan dalam bisnis kita semua. (vanaya.co.id)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Job ngajar langsung dikirim ke email

Bergabunglah dengan 26.996 pengikut lainnya

MITRA KAMI

Bimbel BatasaCampus Tutorial Bimbel Alquran Cikaka Les Privat Bandung Rumah Privat Les Privat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi

JEJARING

Sekolah Mentor Logo Sekolah Guru Rumah Guru Indonesia
November 2013
S S R K J S M
    Des »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
lowongan-magang
%d blogger menyukai ini: