.:: RUMAH MENTOR

Beranda » Mentoring Bisnis » Tips Menjadi Mentor yang Baik

Tips Menjadi Mentor yang Baik

Kategori

Arsip

Sadarkah Anda bahwa sebagian besar rapat bisnis itu ternyata terlalu panjang dari yang seharusnya? Padahal dalam sehari kita harus menangani lebih banyak urusan. Perlu disadarai bahwa ini adalah inefisiensi waktu yang sangat besar jika diakumulasi dari waktu ke waktu. Produktivitas kita akan lebih tinggi jika mampu memadatkan agenda rapat yang bertele-tele menjadi beberapa menit yang lebih bernas dan bermakna.

Dalam rapat tradisional yang sering kita ikuti, orang lain selalu mengawali dengan presentasi di depan peserta rapat dengan memberikan beberapa opsi dan membuat Anda memutuskan opsi mana yang disukai. Dalam pendekatan mentoring 5 menit, pihak yang dibimbing meminta dukungan Anda untuk keputusan mereka atau meminta pandangan Anda mengenai pertimbangan bagi mereka untuk jangka panjang. Pendekatan mana yang Anda pikir lebih efektif bagi mereka dan paling baik bagi perusahaan dalam jangka panjang?

Batasan waktu lebih berhubungan dengan penentuan ekspektasi bahwa rapat bukan untuk memecahkan masalah tetapi memberikan pelatihan mengenai parameter dan pendekatan. Jika Anda secara alami adalah seorang penemu solusi, ini mengharuskan Anda untuk mengubah pola pikir dari memberikan “jawaban” menjadi memberikan bantuan pada orang lain agar bisa memahami proses yang ada dan menemukan solusi yang lebih baik.

Untuk menjadi mentor yang sukses, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan:

1. Selalu siap sedia

Jika Anda terlalu sibuk sepanjang waktu, atau terjebak dalam rutinitas, tidak ada hubungan mentoring yang bisa berjalan dengan baik. Perlu sekali agar pihak yang dibimbing mengetahui bahwa hubungan ini berarti penting bagi Anda dan Anda akan meluangkan sedikit waktu pada saat yang diperlukan.

2. Menyesuaikan dengan gaya belajar tiap individu

Mulailah dengan mendengar secara sungguh-sunguh. Sejumlah orang belajar dengan efektif justru saat mereka mendengarkan cerita lucu dan yang lain memerlukan penunjuk konkret dan instruksi detil. Hormatilah keinginan setiap individu yang Anda bimbing untuk menumbuhkan dan menghargai gaya belajar mereka yang unik. Ingatlah bahwa mendengarkan selama 5 menit tidak sama dengan memberikan bimbingan selama 5 menit.

3. Hormatilah kerahasiaan diskusi

Mentor harus tetap terjaga kerahasiaannya sehingga kedua belah pihak bisa berbicara dengan leluasa tanpa gangguan. Pihak yang dibimbing tidak boleh merasa takut untuk membuat kesalahan dan tidak perlu khawatir jika memang tidak mengetahui suatu hal.

4. Berikan umpan balik yang membangun dan jujur

Serangan terhadap pribadi seseorang dan komentar negatif yang emosional kurang pantas untuk dilakukan karena orang sesungguhnya membutuhkan umpan balik yang nyata dan berguna agar bisa belajar dengan efektif. Tentukan konteks dengan menegaskan tujuan dan ekspektasi Anda secara berkala. Kritiklah pekerjaan, bukan orang atau individu yang bersangkutan.

5. Berikan tanggung jawab pada pihak yang dibimbing

Berikan dorongan bagi pihak yang dibimbing untuk bisa menghasilkan solusi mereka sendiri dan jelaskan bahwa mereka harus bertanggung jawab sepenuhnya untuk pilihan yang mereka buat. Kita semua belajar dengan efektif dari kesalahan yang pernah kita buat sehingga Anda harus membiarkan mereka untuk kadang-kadang gagal. (eciputra.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Job ngajar langsung dikirim ke email

Bergabunglah dengan 26.958 pengikut lainnya

MITRA KAMI

Bimbel BatasaCampus Tutorial Bimbel Alquran Cikaka Les Privat Bandung Rumah Privat Les Privat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi

JEJARING

Sekolah Mentor Logo Sekolah Guru Rumah Guru Indonesia
November 2013
S S R K J S M
    Des »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
lowongan-magang
%d blogger menyukai ini: