.:: RUMAH MENTOR

Beranda » Tips dan Trik » Keuntungan Mengajar

Keuntungan Mengajar

Kategori

Arsip

gSobat Mentor pernahkan kita terbersit dalam hati kita seputar keuntungan belajar mengajar. Jika posisi kita sebagai pengajar dan mengajarkan ilmu pada anak didik kita, nah pertanyaannya, adakah keuntungannya..? Kalau ada sejauhmana dan untuk siapa saja keuntungannya..?. Dalam artikel ini Rumah Mentor mau bagi-bagi tips seputar keuntungan mengajar, diantaranya:

Keuntungan pertama dari mengajar adalah kita dapat berbagi ilmu pengetahuan atau keterampilan ke orang lain. Mengajar berarti kita berbagi suatu pengetahuan atau keahlian yang sebelumnya pernah kita pelajari ke orang lain yang ingin memiliki pengetahuan atau keahlian yang sama dengan yang kita miliki. Dengan berbagi pengetahuan maupun keahlian tersebut, kita sudah membantu orang lain untuk menjadi lebih baik bagi dirinya sendiri dan secara tidak langsung kita juga sudah membantu mengurangi tingkat kebodohan dari negara kita. Melalui mengajar, kita juga dapat membantu negara kita untuk mengurangi tingkat kemiskinan akibat rendahnya tingkat kemampuan atau pengetahuan setiap individu yang ada di negara ini.
Keuntungan kedua dari mengajar adalah kita dapat meningkatkan kemampuan kita sendiri, sebab sebelum kita mengajar, secara tidak langsung kita diharuskan untuk mempersiapkan materi yang akan kita ajarkan. Dalam mempersiapkan materi yang akan kita ajarkan, tentu saja kita harus mengulas kembali segala sesuatu yang pernah kita pelajari atau menyusun semua pengetahuan serta keahlian yang sudah kita punyai dalam bentuk susunan materi yang akan kita ajarkan. Dengan mengajar secara tidak langsung kita juga telah membantu diri kita sendiri untuk mengingat kembali semua yang pernah pelajari serta dapat membantu untuk terus mengasah keterampilan yang kita miliki.
Keuntungan ketiga yang berhasil saya temukan adalah kita mendapatkan imbalan, bisa dalam bentuk uang atau apapun, dari hasil aktivitas kita mengajar. Kita akui atau tidak, saya yakin sebagian besar dari menjadikan imbalan sebagai salah satu motivasi kita melakukan sesuatu. Hal yang sama kemungkinan besar juga berlaku untuk aktivitas mengajar yang kita lakukan, kita hampir pasti juga memiliki motivasi untuk memperoleh imbalan.

Itulah ulasan singkat saya tentang manfaat mengajar yang berhasil saya temukan dari pengalaman saya selama menjadi pengajar. Ternyata tidak salah jika banyak berkata bahwa profesi sebagai pengajar (guru maupun dosen) adalah profesi yang mulia, sebab kita dapat berbagi sesuatu yang baik serta menguntungkan orang lain. Namun ternyata selain kita menguntungkan orang lain, ternyata baik kita sadari maupun tidak, kita telah menguntungkan diri kita sendiri. Bagi setiap orang yang memiliki panggilan atau hasrat untuk menjadi pengajar, penuhi saja panggilan tersebut sampai kalian memiliki panggilan lain yang baru atau lebih tinggi. (Dari Berbagai Sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Job ngajar langsung dikirim ke email

Bergabunglah dengan 26.958 pengikut lainnya

MITRA KAMI

Bimbel BatasaCampus Tutorial Bimbel Alquran Cikaka Les Privat Bandung Rumah Privat Les Privat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi

JEJARING

Sekolah Mentor Logo Sekolah Guru Rumah Guru Indonesia
Januari 2014
S S R K J S M
« Des   Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
lowongan-magang
%d blogger menyukai ini: