.:: RUMAH MENTOR

Beranda » Tahapan Mentoring » Tips Membuat-Mengerjakan PR untuk Guru-Siswa

Tips Membuat-Mengerjakan PR untuk Guru-Siswa

Kategori

Arsip

prSaat guru memberikan PR terhadap siswanya sebagai tindak lanjut dari pembelajaran yang telah dilaksanakan di sekolah. Sering sekali  ditemui siswa  yang malas maupun sama sekali tidak mau mengerjakan PR. Sehingga membuat guru maupun orang tua dibuat pusing sebab karena kemalasan siswa yang tidak mau mengerjakan PR.

Seorang Guru tidak boleh langsung menyalahkan siswanya yang tidak mau mengerjakan PR. Guru harus mencari tahu mengapa,  dan kenapa siswa tidak mau mengerjakan PR ? Pasti ada alasannya, iya bukan..! Dan ini harus menjadi renungan bagi para guru apakah sebab dari kemalasan itu karena kurangnya penyampaian materi, apa siswa yang kurang memahami, atau karena hal yang lain. Dibawah ini merupakan beberapa seputar PR, diantaranya:

Pastikan siswa menguasai materi tentang pelajaran,

Untuk PR harus diberikan ketika siswa benar-benar sudah menguasai kompetensi yang telah diajarkan biar efektif. Seorang guru juga harus bisa mengukur pemahaman siswanya. Pastikan sudah menguasai materi pelajaran, dengan memahami materi pelajaran, siswa akan tertarik dan pastinya tertantang untuk mengerjakan PR.

Jangan juga memberikan PR terlalu banyak,

Jika seorang guru memberikan jumlah PR yang terlalu banyak terhadap anak didiknya bisa-bisa siswanya stress dan malas untuk mengerjakannya. Hindari memberikan PR setiap hari. Berikanlah PR dengan beberapa soal saja yang tingkat kesukarannya mudah, sedang, & sulit. PR diberikan terhadap  siswa untuk memunculkan rasa tanggung jawab, disiplin, percaya diri, & untuk mengasah kemampuannya juga.

Hindari juga hari-hari penuh dengan tugas-tugas, Misalnya jika dalam atu hari ada 4 (empat) mata pelajaran, cukup satu/dua mata pelajaran saja yang ada PRnya. Untuk mata pelajaran yang lain bisa memberikan PR pada kesempatan lain. Dan berilah waktu bagi siswa untuk melakukan kegiatan yang disenanginya (bermain).

Periksalah pekerjaan siswa,

Karena penyebab dari salah satu yang membuat siswa malas untuk mengerjakan PR ialah hasil kerjanya tidak dinilai. Seorang guru harus bisa memeriksa jawaban siswa yang sudah dikerjakannya di rumah. Jika tidak ada waktu untuk mengkoreksi, guru bisa mengoreksi secara klasikal yang melalui tukar silang antar siswa. Sambil mengoreksi guru pun bisa mengulang kembali materi-materi dengan penjelasan yang singkat.

Berikanlah penghargaan & hukuman bagi siswa

Memberikan penghargaan di dalam bentuk pujian maupun yang lain yang bisa memotivasi siswa untuk kembali mengerjakan PR di lain kali. Dan sebaliknya, berikanlah hukuman sewajarnya yang bersifat mendidik bagi siswa yang tidak selesai maupun tidak mengerjakan PR. Dengan demikian semua siswa akan berpikir 2X jika mereka berniat untuk tidak mengerjakan PRnya.

 Bagi seorang guru juga harus bisa mengevaluasi diri sendiri terhadap proses-proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan agar semakin lebih baik lagi. Dalam penyampaian materi pun, guru harus bisa menyampaikannya dengan tidak membikin bosan siswa. Dan sebisa mungkin buatlah siswa nyaman hingga siswa mau untuk mengerjakan PR untuk mengukur penguasaan kompetensi mereka yang sebelumnya. Sekian Artikel tentang Tips Agar Siswa mau mengerjakan PR, senoga bermanfaat !!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Job ngajar langsung dikirim ke email

Bergabunglah dengan 26.986 pengikut lainnya

MITRA KAMI

Bimbel BatasaCampus Tutorial Bimbel Alquran Cikaka Les Privat Bandung Rumah Privat Les Privat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi

JEJARING

Sekolah Mentor Logo Sekolah Guru Rumah Guru Indonesia
Januari 2014
S S R K J S M
« Des   Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
lowongan-magang
%d blogger menyukai ini: