.:: RUMAH MENTOR

Beranda » Tips dan Trik » Anda Pengajar Siswa Berbakat..? Ikuti Tips Ini

Anda Pengajar Siswa Berbakat..? Ikuti Tips Ini

Kategori

Arsip

Artikel ini mudah-mudahan menjadi jawaban atas pertanyaan yang sering dilontarkan oleh kawan-kawan tutor di Rumah Mentor. Judul Asli artikel ini adalah “Sudahkah Mengevaluasi Cara Belajar Siswa Berbakat Anda?”, mengevaluasi suatu mutu pendidikan banyak dipengaruhi oleh proses mendidik yang terkait erat kebutuhan mengembangkan dan membina bakat tertentu, yaitu keberbakatan kreatif, pada anak didik.

Siswa Berbakat

Namun, untuk mengevaluasi berbagai instrumen yang diperlukan dalam mengkaji keberbakatan tersebut perlu ditetapkan pendekatan untuk mengakses keberbakatan itu sendiri.

Menurut Conny R.Semiawan, pemerhati pendidikan dan Guru Besar Tetap Fakultas Psikologi UI, salah satu instrumen penting untuk mengevaluasi efektifitas lingkungan belajar anak berbakat adalah dengan menggunakan daftar pertanyaan yang mencakup cara/metode penting dari para pengelola dan guru yang menyiapkan lingkungan belajar tersebut.

Beberapa pertanyaan in misalnya, mungkin bisa dijadikan panduan untuk mengevaluasi pola pembelajaran Anda, khususnya pada anak-anak berbakat yang tidak berprestasi:

  1. Sudahkah Anda membantu siswa berbakat tersebut dan menyadari gaya belajar mereka?
  2. Sudahkah bertanya pada mereka, apa yang menjadikan mereka belajar secara efektif?
  3. Apakah lebih baik membicarakan dan menasehati anak berbakat tentang cara belajar tersebut, selain hanya isi mata pelajaran yang mereka pelajari?
  4. Apakah di lingkungan belajar Anda diperkenankan mengatakan, bahwa membuat kesalahan adalah kesempatan baik untuk belajar bersungguh-sungguh?
  5. Apakah Anda mengajarkan pembelajaran terbuka (open-ended),  yang memungkinkan lebih dari satu jawaban adalah benar?
  6. Diperbolehkankah siswa bertanya pada diri mereka sendiri, teman sebaya dan orang lain di kelas?
  7. Apakah siswa Anda terlibat self assesment?
  8. Apakah Anda mengembangkan sumber koleksi informasi website dan pusat sumber internal sekolah maupun eksternal?
  9. Bagaimana Anda menjelaskan, bahwa sumber-sumber tersebut benar bisa dimanfaatkan?

Sumber: edukasi.kompas.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Job ngajar langsung dikirim ke email

Bergabunglah dengan 26.986 pengikut lainnya

MITRA KAMI

Bimbel BatasaCampus Tutorial Bimbel Alquran Cikaka Les Privat Bandung Rumah Privat Les Privat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi

JEJARING

Sekolah Mentor Logo Sekolah Guru Rumah Guru Indonesia
Juli 2014
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
lowongan-magang
%d blogger menyukai ini: