.:: RUMAH MENTOR

Beranda » Tips dan Trik » Yang Perlu Diketahui Tentang Kelas Akselerasi

Yang Perlu Diketahui Tentang Kelas Akselerasi

Kategori

Arsip

Pada beberapa sekolah diadakan program kelas akselerasi. Biasanya kelas akselerasi menjadi cita-cita sebagian besar orangtua murid agar anaknya masuk ke dalam kelas tersebut. Terutama murid-murid yang memiliki prestasi tinggi.

kelas akselerasiYang mungkin tidak diketahui orangtua murid adalah bahwa ternyata anak dengan prestasi yang bagus belum tentu dapat memasuki kelas akselerasi. Hal inilah yang sering menimbulkan rasa tidak puas.

Kalau begitu, sudah menjadi tugas Guraru untuk menjelaskan pada orangtua murid mengenai kelas akselerasi ini.

Apa sih kelas akselerasi?

Kelas ini adalah kelas khusus, di mana program KBMnya dibuat sedemikian rupa, sehingga dapat membuat anak-anak berbakat berprestasi maksimal. Programnya sendiri biasanya berlangsung lebih pendek dari kelas pada umumnya, misalnya beban pelajaran yang secara umum harus diselesaikan selama 3 tahun, di kelas akselerasi diselesaikan dalam 2 tahun.

Siapa anak berbakat itu?

Anak berbakat yang dimaksud adalah anak-anak dengan intelegensia tinggi, juga disertai kreativitas dan motivasi yang tinggi.

Siapa peserta kelas akselerasi?

Pada umumnya, sekolah-sekolah menetapkan anak dengan tingkat intelegensia (IQ) 130 sebagai syarat dasar. Akan tetapi, anak-anak dengan IQ di atas 130 juga perlu dilihat dari bukti motivasi dan kreatifitasnya. Karena anak dengan IQ di atas 130, namun tidak menunjukkan prestasi belum tentu bisa masuk program kelas akselerasi.

Begitu juga jika motivasi si anak tidak tinggi, dia tidak bisa mengikuti kelas akselerasi, karena dia perlu mendapat pertolongan atau dorongan untuk mengerjakan segala sesuatunya.

Anak-anak berIQ kurang dari 130, tetapi berprestasi dan memiliki daya juang atau semangat belajar yang tinggi, sebaiknya tidak masuk kelas akselerasi, karena akan membuat dirinya tidak mencapai hasil belajar yang maksimal.

Program di Kelas akselerasi

Kurikulum kelas akselerasi harus disesuaikan dengan anak dengan kecerdasan tinggi. Kemandirian, proses berpikir kreatif dan tinggi, kecepatan dan kompleksitas sangat dibutuhkan. Untuk itu dibutuhkan guru-guru yang menguasai bidangnya secara dalam dan luas, berpengalaman serta berkepribadian matang.

Jadi, orangtua yang ingin memasukkan anaknya ke kelas akselerasi perlu melihat kurikulum dan guru-guru yang mengajar di kelas itu. Jika metode pembelajarannya sama dengan kelas umum, hanya materinya saja yang dipadatkan, sebaiknya orangtua berpikir ulang. (GURARU)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Job ngajar langsung dikirim ke email

Bergabunglah dengan 26.986 pengikut lainnya

MITRA KAMI

Bimbel BatasaCampus Tutorial Bimbel Alquran Cikaka Les Privat Bandung Rumah Privat Les Privat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi

JEJARING

Sekolah Mentor Logo Sekolah Guru Rumah Guru Indonesia
Desember 2014
S S R K J S M
« Nov   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
lowongan-magang
%d blogger menyukai ini: